ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPLEMENTASI AKUNTANSI PADA USAHA KECIL MENENGAH DI KABUPATEN CILACAP

  • Rokhmah Agus Ciptaningsih STIE Muhammadiyah Cilacap

Abstract

Ketidakmampuan dalam implementasi akuntansi merupakan salah satu kelemahan dari sisi manajemen. Kelemahan ini merupakan faktor utama yang mengakibatkan kegagalan UKM dalam mengembangkan usaha. Kemampuan untuk menyediakan dan menggunakan informasi akuntansi sangat tergantung pada kemampuan pemilik untuk menjalankan teknis akuntansi. Implementasi akuntansi sangat bermanfaat bagi UKM, karena merupakan alat yang digunakan oleh pengguna informasi dalam pengambilan keputusan bisnis.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat pendidikan, umur perusahaan dan motivasi secara keseluruhan terhadap implementasi akuntansi, untuk menganalisis pengaruh tingkat pendidikan secara parsial terhadap implementasi akuntansi, menganalisis pengaruh umur perusahaan secara parsial terhadap implementasi akuntansi, menganalisis pengaruh motivasi secara parsial terhadap implementasi akuntansi dan untuk menganalisis variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap implementasi akuntansi pada usaha kecil dan menengah Kabupaten Cilacap, di antara tingkat pendidikan, umur perusahaan dan motivasi
Berdasarkan kesimpulan, dapat diimplikasikan bahwa para pemilik sekaligus pengelola usaha kecil dan menengah di Kabupaten Cilacap perlu menjaga eksistensi usaha yang dijalankan secara terus-menerus melalui penerapan manajemen yang profesional disamping berupaya untuk memotivasi diri secara terus-menerus dengan cara memberikan stimuli berkaitan dengan pencapaian tujuan individu maupun badan usaha.
Keterbatasan penelitian ini diantaranya adalah jumlah variabel bebas yang digunakan dalam model pengukuran implementasi akuntansi hanya terbatas pada tingkat pendidikan, umur perusahaan dan motivasi. Responden penelitian ini terbatas pada pemilik sekaligus pengelola usaha kecil dan menengah di Kabupaten Cilacap.
Kata Kunci:Implemen Akuntansi, UKM, Informasi, Pengambilan Keputusan.
Published
2014-02-28