ANALISIS PENERAPAN HARGA DENGAN METODE FULL COSTING PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH

  • Rokhmah Agus Ciptaningsih STIE Muhammadiyah Cilacap

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis penentuan dan
perhitungan harga pokok produksi pada UMKM dan metode full costing. Obyek penelitian adalah biaya harga pokok produksi pada pabrik mie dua telor, Cilacap untuk mengalokasikan biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik secara tepat dan akurat.

Hasil penelitian mengenai perhitungan harga pokok produksi mie Dua telor, diperoleh dua nilai yaitu perhitungan HPP menurut UMKM dan dengan mengunakan metode Full costing.Terdapat perbedaan setelah diterapkan perhitungan dengan metode Full costing yaitu selisih Rp 400,00. Selisish tersebut terjadi karena UMKM tidak memasukkan biaya-biaya yang seharusnya diperhitungkan sebagai unsur biaya produksi. Biaya ini adalah biaya overhead pabrik yang meliputi : batu bara, biaya solar, listrik dan air. Dan terjadi kekeliruan dalam penggolongan biaya bahan baku yaitu pewarna, garam, soda, yang seharusnya termasuk baiya overhead pabrik.

Dapat disimpulkan bahwa perhitungan harga pokok produksi dengan mengunakan metode full costing lebih tinggi karena memasukkan semua komponen biaya yang dikeluarkan selama dalam proses produksi.

Saran untuk UMKM sebaiknya dalam menghitung biaya selama proses produksi
mengunakan metode Full costing, karena metode ini lebih lengkap dalam memasukan semua komponen biaya yang digunakan selama proses produksi berlangsung. Sehingga hasil lebih akurat dan harga pokok produksi yang ditetapkan lebih tepat. UMKM disarankan juga lebih selektif dalam memilih dan memilah biaya yang termasuk kedalam perhitungan pokok produksi karena berpengaruh terhadap pengakuan biaya yang berdampak pada pendapatan
atau laba UMKM diperhitungkan menjadi lebih besar dari yang sesungguhnyan, sehingga tidak mencerminkan laba yang sesungguhnya. Pencatatan laporan keuangan harus memenuhi syarat akurat dan realibilitas dengan mengenakan metode full costing memenuhi syarat ini. Buatlah kartu persedian memastikan semua transaksi tentang bahan baku yang digunakan selama proses produksi tercatat.
Kata Kunci : Biaya bahan baku, ketepatan pencatatan, Full costing

Published
2017-02-28