PENGARUH EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE DALAM MENURUNKAN TINDAKAN MANAJEMEN LABA DENGAN DEBT TO EQUITY RATIO SEBAGAI VARIABLE MODERATIN (Studi Empiris pada Industri Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

  • Fuji Windya Sari STIE Muhammadiyah Cilacap

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh efektifitas implementasi prinsip-prinsip good corporate governanace dalam menurunkan praktek manajemen laba dengan debt to equity ratio sebagai variable moderating. Sample pada penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2011 sebanyak 14 perusahaan.

Variable independen pada penelitian ini adalah prinsip-prinsip good corporate governance yaitu prinsip responsibilitas, prinsip akuntabilitas, prinsip transparansi, dan prinsip kewajaran. Manajemen laba sebagai variable dependent dan debt to equity sebagai variable moderatingnya.

Berdasarkan hasil analisis regresi berganda, penelitian ini menyimpulkan bahwa, prinsip responsibilitas dan prinsip akuntabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap tindakan manajemen laba, prinsip transparansi dan prinsip kewajaran tidak berpengaruh signifikan positif dan debt to equity ratio tidak dapat memoderasi hubungan antara prinsip-prinsip good corporate governance dan manajemen laba.

Keyword: earnings management, good corporate governance principle, debt to equity ratio.
Published
2016-02-28