Peran Gaya Kepemimpinan terhadap Efektifitas Organisasi

  • Muslim Fikri STIE Muhammadiyah Cilacap

Abstract

Muhammadiyah merupakan salah satu organisasi masyarakat berbasis Keislaman yang terbesar di Indonesia. Kebesaran dan perkembangan Muhammadiyah yang didirikan oleh Ahmad Dahlan ini telah menjangkau hampir seluruh daerah di negeri ini tak terkecuali di daerah Gombong. PImpinan Cabang Muhammadiyah Gombong bisa dikatakan merupakan salah satu Pimpinan Cabang Muhammadiyah yang begitu besar. Sejak dirintis oleh Soekiman Soeryosudarno sekitar tahun 1933, Muhammadiyah di Gombong telah menjadi fenomena menarik di kalangan Pimpinan Cabang baik di Kebumen, maupun daerah lain. Salah satu parameternya adalah keberadaan dan perkembangan organisasi beserta Amal Usaha Muhammadiyah yang menjangkau hampir seluruh aspek. Seperti aspek pendidikan, kesehatan, sosial, maupun keagamaan. Kondisi ini sebagian besar dipengaruhi oleh kepemimpinan yang ada di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gombong itu sendiri
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan terhadap efektivitas organisasi di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gombong. Berangkat dari gaya kepemimpinan yang muncul pada setiap periode kepemimpinan. Penelitian ini dilakukan di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gombong, Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dengan teknik triangulasi. Informan yang yang dipilih sejumlah 12 orang. Focus penelitian yakni pada variable gaya kepemimpinan dan efektifitas organisasi. Hasil dari penelitian ini mengungkap gaya kepemimpinan dari setiap periodesasi kepemimpinan memiliki implikasi terhadap efektivitas organisasi. Gaya kepemimpan transformasional menjadi gaya kepemimpinan yang mendukung efektifitas organisasi. Efektifitas organisasi di Pimpinan Cabang Muhammaiyah Gombong, ditunjukan dengan komitmen dan keterlibatan anggota organisasi Muhammadiyah itu sendiri, serta keterlibatan dari Organisasi Otonom dan Amal Usaha Muhammadiyah.
Berdasarkan hasil yang ditemukan dalam penelitian ini, maka beberapa saran dapat dikemukakan sebagai berikut: (1) Kepemimpinan di Muhammadiyah memiliki latar belakang dan karakter yang berbeda-beda. Diharapkan untuk penelitian ke depan agar lebih banyak untuk mengngkap dan mengkaji dimensi-dimensi dalam kepemimpinan. (2) Berkaitan dengan obyek penelitian, diharapkan untuk lebih memiliki sistem administrasi serta tata kelola organisasi yang teratur, sehingga data-data dan arsip organisasi bisa lebih mudah diakses.
Penelitian ini dalam hal pemilihan subyek penelitian untuk dijadikan informasn atau responden, diharapkan peneliti lain agar lebih mengerucutkan patokan dalam pemilihan informan. Karena dengan terlalu luasnya dalam menentukan patokan pemilihan informan, maka akan memberikan implikasi terhadap kuantitas responden yang terlalu banyak.
Keyword: Gaya Kepemimpinan, Organisasi, Muhammadiyah
Published
2016-02-28