ANALISIS PENGARUH LINKUNGAN KELUARGA, PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, INOVASI DAN KEPRIBADIAN TERHADAP MINAT MAHASISWA BERWIRAUSAHA
Abstract
This study aims to analyze the influence of the family environment, entrepreneurship education, innovation and personality on the interests of student entrepreneurship. This study also analyzed the effect of simultaneous family environment, entrepreneurship education, innovation and personality on the interests of student entrepreneurship. The technique used in this study is descriptive quantitative. This study uses primary survey data. Population of all STIE Muhammadiyah Cilacap students in the 2016/2017 academic year. The sample used was the students of STIE Muhammadiyah Cilacap who had taken entrepreneurship courses, a number of 100 students of S1 Management study programs and Accounting S1. Hypothesis testing is done by the SPSS program. To test the effect of partial using the t test and for testing the effect simultaneously using F test. Of the five hypotheses that have been compiled, the first hypothesis is rejected while the second, three, four and five hypotheses are accepted. The results of data processing show that the family environment does not affect student interest in entrepreneurship. Entrepreneurship education, innovation and personality partially influence the interest of student entrepreneurship. There is a simultaneous influence of family environment, entrepreneurship education, innovation and personality towards the interests of student entrepreneurship.
Keywords: family environment, entrepreneurship education, innovation, personality and interest in entrepreneurship
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh parsial lingkungan keluarga, pendidikan kewirausahaan, inovasi dan kepribadian terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Penelitian ini juga menganalisis pengaruh secara simultan lingkungan keluarga, pendidikan kewirausahaan, inovasi dan kepribadian terhadap minat berwirausaha mahasiswa.
Tehnik yang digunakan pada panelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer hasil survey. Populasi seluruh mahasiswa STIE Muhammadiyah Cilacap Tahun akademik 2016/2017. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa STIE Muhammadiyah Cilacap yang sudah menempuh mata kuliah kewirausahaan, sejumlah 100 mahasiswa program studi S1 Manajemen dan S1 Akuntansi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan program SPSS. Untuk menguji pengaruh parsial menggunakan uji t dan untuk pengujian pengaruh secara simultan menggunakan Uji F.
Dari lima hipotesis yang telah disusun hipotesis satu ditolak sedangkan hipotesis dua, tiga, empat dan lima diterima. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa lingkungan keluarga tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa berwirausaha. Pendidikan kewirausahaan, inovasi dan kepribadian secara parsial berpengaruh terhadap minat
berwirausaha mahasiswa. Terdapat pengaruh secara simultan lingkungan keluarga, pendidikan kewirausahaan, inovasi dan kepribadian terhadap minat berwirausaha mahasiswa.
Kata Kunci :lingkungan keluarga, pendidikan kewirausahaan, inovasi, kepribadian dan minat berwirausaha