ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA PERUSAHAAN DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK ON LINE

  • Ahmad Mujahid STIE Muhammadiyah Cilacap

Abstract

This study aims to analyze partially and simultaneously the influence of product quality, brand image and consumer trust on customer satisfaction. Including quantitative research using the results of questionnaire surveys filled by respondents. The sample used is 100 consumers of on line products in Cilacap. The method of data analysis uses multiple linear regression analysis. To test the hypothesis the partial effect of independent variables on the dependent variable used the t test. The F test is used to test the effect of the independent variables on the dependent variable together. The results of processing data show there is an influence of product quality on customer satisfaction. Consumer trust affects consumer satisfaction and brand image does not affect consumer satisfaction. Taken together there is the effect of independent variables on the dependent variable. Consumer trust has the most dominant influence on customer satisfaction on line products in Cilacap.

Keywords: Product quality, consumer trust, brand image and customer satisfaction

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara parsial dan simultan pengaruh kualitas produk, citra merek dan kepercayaan konsumen dan terhadap kepuasan konsumen. Termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan hasil survey kuesioner yang diisi responden. Sampel yang digunakan adalah 100 konsumen produk on line di Cilacap. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Untuk menguji hipotesis pengaruh parsial variabel bebas terhadap variabel terikat digunakan uji t. Uji F digunakan untuk menguji pengaruh secara bersama-sama variabel bebas terhadap variabel terikat.
Hasil pengolahan data menunjukkan terdapat pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen. Kepercayaan konsumen berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dan citra merek tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Secara bersama-sama terdapat pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Kepercayaan konsumen berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan konsumen produk on line di Cilacap.
Kata kunci : Kualitas produk, kepercayaan konsumen, citra merek dan kepuasan konsumen

Published
2018-01-31