LABELISASI HALAL, HARGA DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK WARDAH

  • Ahmad Mujahid STIE Muhammadiyah Cilacap

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh dari label halal, harga dan celebrity endorser, terhadap keputusan pembelian produk wardah Wardah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dari 60 responden di STIE Muhammadiyah Cilacap yang telah melihat, mengetahui, dan menggunakan produk kosmetik halal “Wardah”. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode judgement sampling, kemudian data diproses menggunakan analisa regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial dan simultan terbukti bahwa label halal, harga dan celebrity endorser, berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai Adjusted R Square nya adalah 0,468 yang berarti semua variabel independen dapat menjelaskan sebesar 46,8% terhadap variabel dependen. Sementara sisanya 53,2% dapat dijelaskan oleh factor lainnya yang tidak diuji dalam penelitian ini.
Kata kunci: Label halal, Harga, Celebrity Endorser, Keputusan Pembelian.

ABSTRACT
The aim of this research is to analyze the influence of labeling halal, price and celebrity endorser, on purchase decision to product of Wardah. The data which used in this research is a primary data, collected from over 60 respondents in STIE Muhammadiyah Cilacap who had watched, know and use halal product “Wardah”. The sampling technique that is used in this research is judgement sampling method, then the data processed by multiple regression analysis. The result of this research, based on partially and simultaneous test, it is proved that the labeling halal, price and celebrity endorser, have significant influence on purchase decision. The value of Adjusted R Square is 0,468, it means all independent variables can be explained 46,8% toward dependent variable. While the remaining 53,2% was explained by other factors which were not examined in this research.
Keyword: Labeling Halal, Price, Celebrity Endorser, Purchase Decison

Diterbitkan
2016-08-10